Jumat, 07 Agustus 2009

SEKAPUR SIRIH

SEKAPUR SIRIH

Syukur Alhamdulillah kita ucapkan kepada yang Maha Kuasa Allah Swt yang telah memberikan limpahan karunia nikmat yang kita rasakan baik kesehatan, kelapangan waktu, kemampuan baik moril maupun materil terutama nikmat manisnya Iman dan indahnya dinul Islam kepada kita semua sehingga kita menjalani hidup dan kehidupan ini tetap di jalan kebenaran.

Selawat dan Salam pada Nabi Muhammad Saw yang telah membawa risalah kebenaran dari Allah Swt yang kita jadikan pedoman dalam hidup kita menuju Kampung akherat yang abadi, semoha kita semua dapat berhimpun bersama – sama kekasih Allah di Taman syurga kelak.amiin….

Atas karunia yang Allah Swt berikan Tulisan ini penulis susun dari berbagai sumber dengan tujuan agar dapat berguna dan berdaya guna bagi siapa saja yang mengambil manfaat dari tulisan ini

Penulis menyadari sangat banyak kekurangan dan kelemahan dari tulisan ini untuk itu penulis berharap dari pembaca untuk memberi masukan agar tulisan ini dapat lebih baik lagi.

Kepada Allah penulis mohon ampun dan kepada pembaca penulis mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan ini.

Akhirnya Sujud, …..syukur pada Allah Swt, selawat pada Rasulullah Saw, terima kasih pada kedua orang tua, saudara seiman seaqidah, teman-teman seperjuangan, keluarga ( istri dan anak ) dan siapa saja yang berperan dalam penyusunan tulisan ini yang penulis himpun dari berbagai sumber baik media cetak ( buku-buku , majalah, Koran,artikel, dll ) maupun media elektronik ( radio, TV,internet,dll )





Sumatera utara, 2005
Wassalam



AkrCenter





LANGKAH AWAL SEBELUM OPERSIONAL
1. Menetapkan STRUKTUR YAYASAN
2. Menetapkan STRUKTUR OPERASIONAL SEKOLAH
3. Menetapkan AD/ART Sekolah
4. Menetapkan SISTEM DAN MANAJEMEN SEKOLAH
a. Menetapkan Konsep sekolah / Menetapkan Master plainning ( Program )
b. Ketentuan/Ketetapan dan Peraturan
c. Birokrasi/Prosedur
5. Menetapkan TIM YANG KOMITMEN DAN SOLID ( PENGURUS YAYASAN DAN PENGELOLAH OPERASIONAL SEKOLAH )
6. Tahapan promosi sekolah ( TIM PROMOSI )
7. Pembukaan sekolah/peresmian
8. Penerimaan siswa baru ( PANITIA PENERIMAAN )
9. Penerimaan tenaga edukatif ( PANITIA PENERIMAAN )
10. Operasional sekolah ( Poses belajar mengajar )
11. Evaluasi
12. Tercapai Visi dan Misi Yayasan dan Sekolah.


STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
1. Konsep – Sismen Pendidikan yang baku
2. Tim pengelolah sekolah yang komitmen dan loyal
3. Tenaga edukatif yang professional dan kompeten yang punya loyalitas, berdedikasi dan berakhlak mulia.
4. Sarana dan fasilitas akademik yang baik
5. Penggunaan methode pengajaran yang tepat
6. Penguasaan kurikulum pembelajaran bagi guru dan siswa
( Pedoman, Penguasaan & Pengamalan Ilmu pengetahuan / P3IP )
7. Pencapaian target UAS dan UAN
8. Program kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan
9. Kebebasan beraktifitas dan berkreatifitas sesuai aturan
10. Administrasi yang tertib dan teratur
11. Anggaran pendapatan dan pengeluaran yang jelas
12. Reward bagi yang berprestasi ( Guru & Murid )
13. Kesejahteraan semua yang terlibat di lembaga sekolah



MEMPERSIAPKAN KONSEP PENDIDIKAN MULAI DARI AWAL

KONSEP YANG HARUS DISIAPKAN
1 AKTE NOTARIS - AD/ART
2 STRUKTUR YAYASAN – UNIT SEKOLAH
3 KETENTUAN PROSEDUR/BIROKRASI
4 KETENTUAN PERATURAN DAN TATA TERTIB TENAGA EDUKATIF
5 KETENTUAN PENERIMAAN DAN PEMBERHENTIAN TENAGA EDUKATIF
6 KETENTUAN KESEJAHTERAAN PENGURUS, PENGELOLAH, TENAGA EDUKATIF
7 KETENTUAN TATA LETAK BANGUNAN DAN RUANG ( DENAH LOKASI DAN RUANG )
8 KETENTUAN SARANA DAN FASILITAS
9 KETENTUAN APBY ( Yayasan ) & APBS ( Unit Sekolah )
10 KETENTUAN PROMOSI – PENERIMAAN SISWA BARU
11 Program jangka Panjang ( Program Kegiatan 25 tahun mendatang )
12 Program Jangka menengah (Program Kegiatan 5 tahun mendatang )
13 Program jangka pendek (Program Kegiatan satu tahun )
14 Program tengah semester (Program Kegiatan 6 bulan/ setengah tahun )
15 Program dwiwulan ( Program Kegiatan 3 bulan sekali )
16 Program Bulanan (Program Kegiatan rutin )
17 Program Mingguan (Program Kegiatan Ekskul )
18 Program harian ( Jadwal dan roster mata pelajaran )
19 Menentukan apa yang harus diunggulkan di sekolah
20 Arah – kencendurungan model sekolah/pendidikan ( Tradisional/Plus/Modren/Internasional/ umum/agama /Pesantren/Biasa-biasa saja/ seperti di P.Jawa/seperti di luar negeri/
21 Kurikulum Pendidikan ( DIKNAS – DEPAG )
22 Pedoman Pendidikan
23 Mata pelajaran dan Materi pembelajaran - Buku-buku pegangan
24 Jadwal Sekolah/Roster ( Masuk – istirahat – keluar/pulang )
25 Ketentuan tenaga edukatif
26 Ketentuan disiplin tenaga edukatif
27 Ketentuan bagi guru saat kegiatan Proses Belajar Mengajar
28 Ketentuan kesejahteraan tenaga edukatif
29 Ketentuan Evaluasi tenaga edukatif
30 Ketentuan SDM tenaga edukatif
31 Ketentuan tenaga edukatif yang produktif, aktif dan berprestasi.
32 Ketentuan penerimaan siswa ( Syarat – biaya – dll )
33 Ketentuan penyambutan siswa ( MOS )
34 Ketentuan siswa yang bermasalah ( kasus )
35 Ketentuan pembelajaran ( Proses Belajar Mengajar )
36 Ketentuan pembinaan siswa ( BP – Kegiatan pembinaan )
37 Ketentuan evaluasi siswa ( Ujian )
38 Ketentuan naik tingkat
39 KetentuanWISUDA
40 Ketentuan SDM Siswa
41 Ketentuan siswa berprestasi
42 Ketentuan pakaian siswa
43 Ketentuan biaya pendidikan siswa
44 Ketentuan disiplin siswa ( Peraturan dan tata tertib )
45 Macam dan ketentuan Ekstra kurikuler
46 Ketentuan Ikatan Orang Tua siswa – KOMITE SEKOLAH
47 Ketentuan kegiatan di sekolah
48 Ketentuan kerja sama sekolah dengan pihak luar
49 Ketentuan sumber dana ( Pendapatan – Bantuan – Sumbangan )
50 Ketentuan penggunaan dana/Alokasi dana
52 Ketentuan prosedur/birokrasi urusan sekolah
53 Ketentuan Tugas dan tanggung jawab/Hak dan kewajiban keseluruhan (Jobdiscription)
54 Ketentuan Urusan – Dinas – Tamu - dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar