Jumat, 07 Agustus 2009

MANAJEMAN LEMBAGA PENDIDIKAN

KUNCI KEBERHASILAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERLETAK PADA KOMITMEN TIM WORK
Suatu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan bagi generasi penerus bangsa agar lembaga pendidikan tersebut dapat berjalan sesuai visi dan misi lembaga tersebut sehingga tercapai tujuan lembaga pendidikan tersebut sehingga mendapatkan mutu pendidikan sesuai dengan apa yang diharapkan maka suatu lembaga pendidikan harus mempunyai TIM WORK yang mengatur Sistem dan Manajemen lembaga pendidikan tersebut

Contoh Pembagian kerja TIM WORK
Sismen SDM dan Personalia ( Tenaga Edukatif )
Sismen Keuangan dan Usaha Mandiri Sekolah ( SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA )
Sismen Program kerja
Sismen Adminstrasi
Sismen SARANA DAN FASILITAS
Sismen LITBANG & /EVALUASI / HUMAS

KUNCI KEHARMANISAN DALAM TUGAS ( CIPTAKAN SUASANA KANDUSIF DALAM BEKERJA )
Sikap Pemimpin dalam meminpin dalam tugas


1. Sebelum memulai tugas rutin brifeng dahulu + berdo’a ( Pembekalan sebelum malakukan aktifitas )
2. Jangan menegur kesalahan kerja saat pelaksanaan pekerjaan apalagi di depan orang lain – jangan marah
3. Bantu petugas butuh bantuan dalam pekerjaannya ( ciptakan suasana saling tolong menolong )
4. Tanyakan dengan bijaksana bila mendapatkan petugas yang melekasanakan kerjanya tidak sesuai dengan tugasnya kemungkinan petugas tersebut punya masalah dalam pekerjaan atau masalah pribadi
5. Pekerja jangan terlalu diawasi dalam melakukan pekerjaannya berikan ia tanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya
6. Sentulah secara akal dan perasaan bila terdapat kekeliruan dalam pekerjaannya
7. Bersikap ramah saat petugas dalam melaksanakan bertugas ( …. Macam mana ? ada masalah?..............aman…….okey )
8. Evaluasi singkat setelah melaksanakan tugas ( berkumpul sebelum pulang kerumah masing-masing + minum & makan ringan )


PENTINGNYA MUSYAWARAH TECHNICAL MITHING SETIAP PROGRAM KEGIATAN

Musyawarah Technical Mithing adalah musyawarah membicarakan tentang teknik pelasanaan suatu kegiatan

Musyawarah Technical Mithing sangat penting dalam mengadakan suatu kegiatan untuk melaksanakan program yang hendak dijalankan

Di musyawarah Technical mithinglah membicarakan mekanisme kerja yang akan dilakukan di lapangan tanpa Musyawarah Technical Mithing maka TIM pelaksana kerja tidak akan dapat melaksanakan suatu program kegiatan dengan baik bahkan mungkin sebagian anggota tim tidak dapat melaksanakan apa yang harus dilakukannya ketika waktu pelaksanaan program kegiatan tersebut

Untuk itu dalam suatu wadah keorganisasian/kepanitiaan haruslah mengadakan Musyawarah Technical Mithing agar apa yang menjadi program kegiatan dapat berjalan sesuai dengan apa yang TIM pelaksana program kegiatan inginkan

Ada beberapa langkah sebelum pelaksanaan kegiatan yaitu :
1. Menentukan Program kegiatan
2. Pembentukan TIM/Panitia pelaksana kegiatan
3. Menentukan Tugas masing-masing TIM/panitia pelaksana ( Jobdiscription )
4. Menentukan perangkat kebutuhan pelaksanaan program kegiatan
a. Sarana dan fasilitas yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaan Program kegiatan
b. Taksaksi dana dalam melaksanakan program kegiatan
c. Kebutuhan-kebutahan lain yang mendukung pelaksanaan program kegiatan.
5. Menentukan Sistem manajemen pelaksanaan kegiatan
6. Musyawarah Technical Mithing
7. Waktu pelaksanaan.

Akr/20/06/06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar